iklan

7 Harga Makanan di Papua yang Bakal Bikin Kamu Melongo

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Sering deh kita mengeluh harga makanan yang terus naik atau terlalu malas keluar untuk cari makan. Padahal sih harusnya kita bersyukur masih bisa makan enak denga berbagai jenis varian sehingga bisa kulineran kesana kemari. Namun, kamu jangan kaget kalau kulineran di Papua, mengapa? Harga makanan disana sangatlah mahal. Simak ulasannya di bawah ini:
1. Nasi sayur dan ayam : Rp 25 ribu

Makanan warteg seperti nasi yang dicampur dengan sayur dan lauk ikan dan ayam mudah sekali ditemukan dengan harga Rp 10.000 sampai 15.000. Namun kamu jangan kaget jika berkunjung ke Papua, tepatnya di daerah Tolikara. Satu porsi nasi sayur dan ayam bisa dibanderol Rp 25 ribu sampai 35 ribu Bahkan jika dengan lauk ikan bisa mencapai Rp 60 ribu lho.
2. Satu mangkuk bakso : Rp 75 ribu

Bakso mudah sekali ditemukan, tanpa keluar rumah saja sudah banyak bapak penjual yang keliling kompleks. Harganya sendiri murah meriah mulai dari Rp 5 ribu sampai 10 ribu saja. Namun saat kamu berkunjung ke Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pasti kaget karena harga seporsi bakso disana Rp 75 ribu.
3. Soto : Rp 40 ribu

Soto biasanya dijadikan salah satu alternatif sarapan. Kuahnya yang segar dengan perasan jeruk nipis bakal membuat harimu lebih semangat deh. Biasanya semangkok soto dibanderol dengan harga Rp 10 ribu saja. Namun jika kamu berada di Papua harganya bisa berkali lipat mencapai Rp 40 ribu lho.
4. Nasi Padang : Rp 80 ribu

Nasa padang menjadi salah satu representasi makanan Indonesia. Porsinya yang banyak dengan lauk beragam bikin nasi padang selalu menjadi favorit semua orang. Biasanya satu porsi nasi padang dijual mulai Rp 10 ribu sampai 20 ribu. Namun saat kita berkunjung ke Papua, kamu harus merogoh kocek sampai Rp 80 ribu untuk seporsi nasi padang.
5. Nasi penyetan ayam bakar : Rp 45 ribu

Tipikal orang Indonesia suka sekali makanan pedas, gak lengkap deh makan tanpa sambal rasanya. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan warung penyetan dimana-mana dengan berbagai lauk mulai dari tempe tahu, ikan laut, ayam. Harganya pun murah meriah dari Rp 10 ribu hingga 20 ribu saja. Namun kalau kamu makan di Wamena Papua, seporsi nasi, lalapan dan paha ayam bakar saja harganya Rp 45 ribu.
6. Mi instan : 15 ribu

Mi instan menjadi makanan penyelamat anak kos kebanyakan karena harganya yang murah. Hanya dengan uang Rp 2-3 ribu saja kamu bisa dapat sebungkus mi instan. Biar makin lezat tambah deh telur ceplok di atasnya, cuma habis Rp 5 ribu. Namun kamu akan kaget mungkin saat jadi anak kos di Papua karena sebungkus mi instan disana harganya Rp 15 ribu.
7. Air mineral

Harga air mineral yang cuma Rp 3 ribu sampai 5 ribu mungkin kamu anggap biasa. Namun kalau sedang di Jayapura kamu mungkin baru akan merasakan betapa berharganya air minum karena harganya Rp 12 ribu sampai 15 ribu. Bahkan kalau di wilayah Pegunungan Tengah mncapai Rp 25 ribu per botol 1 liter.
Tingginya harga makanan disana disebabkan sulitnya transportasi untuk menjangkau daerah-daerah disana. Bahkan di beberapa wilayah harus menggunakan pesawat untuk mengangkut bahan makanan. Harga BBM disana juga sangat mahal sehingga perjalanan darat pun jatuhnya tetap mahal.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "7 Harga Makanan di Papua yang Bakal Bikin Kamu Melongo"

Posting Komentar